Sabtu, 24 September 2016

Aku dan Cerita Dietku

Siapa siiih yang ga mau punya badan bak personil girlband? Siapa? Hah siapa?

Aku juga pernah punya keinginan seperti itu. Beberapa tahun yang lalu. Lalu aku diet.

Berhasil? Ya, sedikit. Tapi setelah itu masuk rumah sakit :/

Aku terlahir hanya 2,5 kg. Sejak kecil memang kurus, cuma pipik aja yang agak ngembang. Jaman SD tuh aku pernah ngalamin ga mau nimbang karena malu aku kurus banget. Aku inget banget saat kelas 6 SD, di mana semua temen-temenku beratnya udah di atas 30 kg, aku cuma 27 kg.

Aku memang susah makan dari kecil. Pemilih makanan pula. Tapi karena aku mau gendut, aku mulai belajar makan banyak dan makan cepat. Kenapa belajar makan cepat? Karena setelah aku pelajari, semakin makanku lama, semakin aku cepat kenyang.

Saat SMP, ada temen yang badannya agak berisi, terus aku berdoa supaya punya badan kayak gitu juga. Aku usaha banget, minum vitamin penambah nafsu makan, minum susu dan usaha-usaha lainnya lah. Tapi belum juga membuahkan hasil.

Barulah di bangku SMA, berat badanku berangsur naik-naik-dan-naik. Katanya perempuan habis menstruasi jadi gemuk. Dan kayaknya siih aku termasuk yang gitu. Karena aku baru menstruasi di usia 15 tahun. Entahlah sebenernya adaa korelasinya atau ga.

Aku bangga dan pamer banget sama berat badanku yang kian lama kian menanjak naik. Ahhh pokoknya bahagia banget. Nambah berat badan saat itu adalah prestasi buat aku.

Menjalang kuliah, badanku semakin melebar, ditambah lagi porsi makan aku yang semakin banyak, porsi makan kuli. Dan badanku semakin melebar lagi di awal-awal kuliah.


Awal kulian.



Tapi...tapi... aku mulai ngerasa berat badanku naikknya kayak ga ada rem. Baju-bajuku mulai banyak yang gak muat. Padahal aku termasuk yang hemat beli baju karena badanku ya segitu-gitu aja dulunya.

Nah di pertengahan kuliah, saat aku udah mulai concern sama penampilan, saat itu lah aku memutuskan untuk mulai diet. Ga main-main lagi dietnya, diet makan nasi.

Kata temenku kalau mau memulai diet, kalau bisa pas liburan, karena awalnya pasti lemes banget. Dan ya akhirnya aku ikutin saran temenku itu, mulai diet saat liburan.

Aseli, emang lemes banget! Oh iya sebelum aku memutuskan diet ga makan nasi, aku udah coba diet ga makan malem dulu, biar ga shock pas diet ga makan nasi. Aku termasuk yang komit banget sama dietku. Banyak kan yang katanya mau diet tapi cuma bertahan beberapa hari. Dalam seminggu aku makan nasi ga lebih dari 5 kali. Gantinya sayur-sayuran dan buah-buahan.

Satu setengah bulan sudah terlewati, hasilnya udah keliatan banget. Aaah seneng banget lah. Tapi suatu malam...

Saat lagi ada reuninan sama temen-temen SMA, aku ijin pulang duluan karena badanku tiba-tiba demam. Di rumah demamku semakin tinggi sampai aku pikir aku udah mau mati.

Lima hari demamku naik turun padahal udah berobat kedua tempat. Setelah cek darah, ternyata aku kena demam berdarah. Akhirnya aku dirawat di rumah sakit. hiiikksss :'(

Gara-gara diet yang super asal itu, kondisi badanku jadi ga prima, jadi saat digigit nyamuk pembawa demam berdarah, aku langsung kena.

Keluar rumah sakit, aku bales dendam dengan makan banyak. Rasanya kangen banget makan nasi, karena saat sakit, aku cuma boleh makan bubur aja. Aku udah masa bodo banget laah kalau badanku bakal bengkak lagi, yang penting sehat. Yang penting bisa makan nasi. HAHAHAHA...

Sejak saat itu aku say bye bye sama yang namanya diet. Ga mau mau lagi. Gak mau!

Tapi alhamdulillah badanku udah mulai balik normal ke berat badanku di awal-awal SMA. Yeaaay, padahal ga diet, cukup ngerjain sskripsi setahun aja. Iyeee setaoon, lama bener yaaak :( Setelah itu terusin deh kerja di Jakarta, nyaaang mana sekarang badan aku bertahan di 48-50 kg aja. Menjelang wisuda malah cuma 46 kg.

Aku yang sekarang.

Dulu gemuk adalah prestasi, sekarang kurus tanpa diet yang aneh-aneh lah yang prestasi bagi aku.

Sekarang kalau ada temen-temenku yang mau diet, aku cuma senyum-senyum aja dalam hati. hihihi.. ga deh ga mau kenal sama diet lagiii. Karena menurutku kalau kita mau diet, ga boleh asal, jangan diet ngikutin si A lah si B lah.

Beberapa tahun lalu kan sempet booming banget diet ala deddy corbuzier, duuh aku ga mau deh nyoba sedikit pun, dengernya kayanya penyiksaan banget. Temenku sampe ada yang dalam sehari cuma boleh makan sejam doang, selebihnya minum doang. Mending sekalian puasa senin-kamis atau sekalian puasa daud.

Kalau niat banget mau diet, tanya dokter, tanya ahli gizi. Please jangan diet asal. Karena setiap orang kebutuhan gizinya beda-beda. Kalau mau diet, ya diet yang sehat. Jangan sampai kamu nyesel kemudian.

Aku beberapa minggu yang lalu.

2 komentar: